Wednesday, January 18, 2012

5. PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Topik yang dibahas :
5.1. PERANGKAT KERAS DI CHASIS
5.2. PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
5.3. PERANGKAT JARINGAN DAN INTERNET

tujuan instruksional khusus :

SETELAH MEMPELAJARI SUB BAB INI SISWA AKAN MAMPU :
1. MENGENAL PERANGKAT-PERANGKAT KERAS YANG TERDAPAT PADA SEBUAH KOMPUTER
2. MEMAHAMI FUNGSI MASING-MASING PERANGKAT KERAS
3. MEMAHAMI DASAR PERTIMBANGAN PEMILIHAN SEBUAH PERANGKAT KERAS

5.1. PERANGKAT KERAS DI CHASIS

Kemajuan teknologi komputer sangat mempengaruhi kemajuan teknologi informasi. Karena itu, pengenalan dan kemampuan bekerja dengan komputer merupakan hal yang sangat penting pada era teknologi informasi saat ini.

Komputer terdiri dari :

· Perangkat Keras (Hardware) : mrp perangkat computer yang secara fisik dapat dilihat.

· Perangkat Lunak (Software) : adl perangkat yang berupa program-program yang terdapat dalam sebuah computer.

PERANGKAT KERAS DALAM KOMPUTER

5.1.1. CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU)

Merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer karena merupakan otak dari komputer.

Sering disebut microprocessor atau processor yang merupakan pusat pengolahan data dan pengontrolan kerja komputer.

Berdasarkan fungsi operasionalnya CPU dibedakan atas 2 bagian :

a. Arithmetical Logical Unit (ALU) : berfungsi sebagai pusat pengolah data, mis perhitungan-perhitungan matematika.

b. Control Unit (CU) : berfungsi sebagai pengontrol kerja komputer, yakni mengatur urutan proses-proses yang dilakukan di komputer.

5.1.2. MEMORY

Berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum/sesudah diproses oleh processor. Informasi tersebut dapat berbentuk perintah-perintah maupun data-data. Terdiri dari 2 bagian :

a. MEMORY RANDOM ACCESS (RAM) mrp memori internal : berfungsi untuk menyimpan sementara perintah dan data pada saat sebuah program dijalankan. Termasuk data yg akan dibaca, data yang dimasukkan melalui alat input komputer dan data hasil proses proses program.

b. READ ONLY MEMORY (ROM) mrp memori eksternal : untuk menyimpan perintah dan data secara tetap. Komputer hanya dapat membaca data dan perintah yang disimpan di ROM.

5.1.3. Media penyimpan

  • Harddisk : kapasitas paling besar, sebagai tempat penyimpan data untuk 1 komputer. Paling murah. Akses data tercepat.
  • Disket : kapasitas terkecil (1,4 MB). Kelebihan dapat dipindahkan dr komputer 1 ke komputer lain. Akses data lambat. Rentan terhadap kerusakan, sehingga menyebabkan file-file yang disimpan di dalamnya tidak dapat dibuka.
  • FLASH DRIVE : kapasitas penyimpan jauh lebih besar. Dihubungkan dengan komputer melalui port Universal Serial Bus (USB). Akses data lebih cepat. Banyak digunakan bersama-sama dengan mp3 player, sehingga kita dapat mendengarkan musik sambil tetap beraktifitas.
  • CD-ROM : dpt menyimpan data cukup besar s/d 700MB. Akses data relatif lebih lambat. Hanya dapat digunakan sekali saat masih kosong, dan hasilnya hanya dapat dibaca saja. Untuk menyimpan data kita memerlukan perangkat keras yang disebut dengan CD Writer.
  • CD-R : (CD-Recordable), perbedaannya dengan CD-ROM, kita dapat menuliskan data sampai beberapa kali asalkan kapasitas penyimpan CD-R belum penuh.
  • CD-RW : (CD-ReWriteable) merupakan versi lain dari CD-ROM yang dilengkapi kemampuan untuk dibaca dan ditulis. Datanya dapat dihapus dan mengisinya dengan data lain.
  • DVD : (Digital Versatile Disc) punya kapasitas penyimpanan yang cukup besar bila dibandingkan dengan CD-ROM. Punya kualitas penyimpanan yang sangat baik, biasa digunakan untuk menyimpan film. Tidak dapat dibaca di CD-ROM drive, melainkan melalui DVD drive.
  • DVD-RW : (DVD-ReWriteable) adalah tempat penyimpanan yg mrp versi lain dari DVD. Dapat ditulis dan dihapus. Harga jauh lebih mahal dibanding DVD.

5.1.4. Motherboard

Sering disebut dengan mainboard, mrp perangkat komputer yg berfungsi sebagai tempat perangkat-perangkat lain, spt prosesor, memori, VGA Card, Sound Card dan LAN Card. Setiap perangkat memiliki slot tersendiri yang memungkinkan perangkat tersebut melekat di motherboard.

5.1.5. VGA Card
Adl peralatan komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal gambar.

Memungkinkan data-data dalam bentuk digital ditampilkan dalam bentuk gambar di layar monitor.

5.1.6. Sound card
Adl peralatan komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara. Dengan sound card data-data suara seperti lagu-lagu yang terdapat di komputer dapat didengar melalui speaker yang dihubungkan ke komputer.

5.2. Perangkat input
Adl perangkat komputer yang digunakan untuk memasukkan perintah atau data yang akan diproses oleh program atau komputer.

· Keyboard : adl seperangkat tombol-tombol yang berfungsi sebagai media masukan bagi komputer.

· Mouse : sejak diperkenalkannya komputer dengan tampilan grafis, mouse menjadi peralatan yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah komputer. Mouse dibunakan untuk menjelajah program, memilih perintah dan menjalankan sebuah perintah.

· Joystick : adl peralatan yang digunakan untuk menjalankan program game di komputer. Sebenarnya, fungsi joystick dapat digantikan oleh mouse atau keyboard. Namun, menggunakan joystick akan terasa lebih seru dan menyenangkan, terutama pada game-game simulasi spt game balap motor, mobil, perang dengan menggunakan pesawat tempur, dsb.

· Scanner : digunakan untuk memindai foto, gambar atau dokumen yang sudah dicetak. Hasil dari proses scanning adalah file gambar atau teks.

· Peralatan Multimedia : Beberapa peralatan multimedia yang dapat dihubungkan dengan komputer, antara lain : mikrofon (suara), kamera (gambar), dan video (gambar bergerak dan suara).

5.3. Perangkat output
Adl perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi kepada penggunanya. Informasi yang ditampilkan oleh komputer merupakan hasil dari pemrosesan yang telah dilakukan oleh komputer. Informasi yang diteruskan oleh komputer melalui perangkat output dapat berupa tampilan di layar, hasil cetakan, suara dan sebagainya.

5.4. Perangkat output

5.4.1. Monitor
Mrp alat keluaran yang memberikan tampilan visual kepada pengguna komputer. Kita dapat melihat apa yang sedang dilakukan oleh program atau komputer di layar monitor. Komputer menampilkan pesan, informasi, ataupun meminta masukan kepada pengguna komputer melalui tampilan di layar monitor.

5.4.2. Printer
Adl perangkat output yang digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas. Cetakan tersebut dapat berupa dokumen, gambar, maupun dokumen yang disertai dengan gambar.

Ketajaman hasil cetakan diukur dengan satuan dpi atau fot per inch atau banyaknya titik dalam satu inci. Semakin tinggi dpi akan semakin tajam cetakan yang dihasilkan.

Kecepatan mencetak diukur dengan satuan ppm atau page per minute atau halaman per menit. Semakin tinggi ppm maka semakin banyak halaman yang dicetak dalam satu menit, atau semakin cepat proses pencetakan.

5.4.3. Speaker
Adl perangkat keras untuk menghasilkan suara. Kita dapat mendengarkan lagu atau musik yang diputar di komputer jika komputer kita mempunyai speaker.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment