Sunday, January 29, 2012

5.3. Perangkat Jaringan dan Internet

Setelah mempelajari subbab ini, siswa akan mampu :

· Mengenal perangkat-perangkat jaringan dan internet

· Memahami fungsi masing-masing perangkat jaringan dan internet

· Memahami dasar pertimbangan pemilihan sebuah perangkat jaringan dan internet.


Selain perangkat-perangkat komputer yang telah dibahas di atas, komputer juga dapat dilengkapi dengan perangkat-perangkat jaringan dan internet. Perangkat jaringan memungkinkan sebuah komputer terhubung dengan komputer lain dalam sebuah jaringan. Sedangkan perangkat internet digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet dan memungkinkan kita mengakses internet dari komputer tersebut.

5.3.1. Modem

Modem adalah singkatan dari modulasi-demodulasi. Modem berfungsi untuk mengubah sebuah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal suara) dan mengubal sinyal analog (sinyal suara) menjadi sinyal digital. Pada saat sebuah komputer mengirimkan data ke internet, modem akan mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal suara, sehingga sinyal tersebut dapat dilewatkan melalui kabel telepon. Pada saat menerima data dari Internet, modem akan mengubah sinyal suara dari kabel telepon menjadi sinyal digital, sehingga komputer dapat membaca sinyal tersebut. Dengan cara ini, modem membuat dua buah komputer dapat berkomunikasi satu sama lain melalui kabel telepon dan jaringan Internet.

Kecepatan modem mentransfer data diukur dengan satuan bits per second (bps) – bit perdetik. Ada dua jenis modem yang terdapat di pasaran : modem internal dan eksternal. Modem internal adalah modem yang dipasang langsung di motherboard komputer, sedangkan modem eksternal adalah modem yang terpisah dengan komputer. Modem jenis ini dihubungkan ke komputer dengan menggunakan kabel USB.

Jenis Modem

Keuntungan

Kekurangan

Internal

Harga lebih murah

Pemasangan lebih sulit, tidak dapat dipindah dari satu komputer ke komputer lain.

Eksternal

Pemasangan lebih mudah, dapat dipindah dari satu komputer ke komputer lain.

Harga lebih mahal

5.3.2. Kartu Jaringan (LAN Card)

Kartu jaringan dipasang di komputer apabila kita ingin komputer kita terhubung dengan komputer lain dalam sebuah jaringan local (LAN). Kartu jaringan memungkinkan sebuah komputer berkomunikasi dengan komputer yang lain.

5.3.3. Bluetooth

Adalah sebuah teknologi komunikasi nirkabel (tanpa kabel) yang beroperasi pada pita frekuensi 2,4 GHz. Bluetooth sendiri dapat berupa card atau USB Adapter yang dipasang pada sebuah perangkat. Perangkat tersebut dapat berupa komputer, notebook, mobile phone, PDA (Personal Digital Assistant), headset, kamera, printer, router dan sebagainya.

5.3.4. Kartu WiFi

Kartu WiFi adalah kartu elektronik yang digunakan agar komputer dapat menangkap sinyal WiFi dari sebuah jaringan WiFi. Jaringan WiFi memungkinkan kita untuk mengakses internet. Biasanya, sinyal WiFi terdapat di tempat-tempat khusus, seperti bandara, mal, kampus, hotel dan sebagainya.

5.3.5. Handphone

Handphone yang kita kenal sehari-hari lebih banyak digunakan untuk hubungan komunikasi suara atau pengiriman pesan singkat (SMS). Dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, handphone tidak lagi hanya dimanfaatkan untuk komunikasi suara bergerak atau layanan pesan singkat, melainkan handphone juga sudah dimanfaatkan untuk layanan data. Handphone telah banyak digunakan sebagai pengganti modem untuk mengakses internet.

No comments:

Post a Comment